Tips Melakukan Wawancara Dengan HRD

Pusat Promosi Indonesia - Apakah kamu sedang mendapat panggilan untuk melakukan wawancara kerja dengan bagian HRD?

Jika iya, maka saya akan sedikit sharing terkait menghadapi HRD ketika melakukan wawancara kerja.

Bagi sebagian pemula, mungkin wawancara kerja merupakan salah satu hal yang wajar atau menakutkan. Sebab, itu merupakan salah satu proses yang harus dilewati ketika ingin bekerja di perusahaan yang sudah diimpikan.

Menghadapi pewawancara atau HRD memang sedikit agak rumit, tapi bisa dikatakan gampang juga. Asal kamu penuh dengan persiapan dan tidak grogi saat berhadapan dengannya.

Lalu mungkin kamu akan bertanya-tanya: Bagaimana sih menghadapi HRD saat melakukan wawancara kerja?

Nah, berikut ini akan saya jelaskan cara-cara menghadapi HRD dan hal hal yang harus kamu persiapkan:

1. Melakukan Persiapan

Hal pertama yang kamu lakukan adalah melakukan berbagai persiapan. Nah, salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah mencari informasi seputar budaya kerja di kantor yang akan kamu lamar.

Biasanya, kamu ditanya tentang “apa yang kamu tau tentang perusahaan ini?”

Nah, kamu harus mengetahui latar belakang perusahaan tersebut. Sehingga ini menjadi nilai plus tersendiri bagi kamu yang hendak melamar di perusahaan tersebut.

Selain itu, pastikan kamu membawa semua persyaratan yang sudah disiapkan. Dengan membawa perlengkapan, ini artinya kamu sangat serius dalam hal melamar pekerjaan tersebut.

2. Menguasai Dasar Teori Bidang Yang Dilamar

Kemudian yang tak kalah penting sebagai salah satu cara menarik perhatian HRD adalah dengan menguasai teori dan praktek tentang bidang yang kamu lamar.

Misalnya saja kamu melamar sebagai akuntan, maka kamu harus paham tentang teori-teori akuntansi. Dengan demikian kamu bisa lebih dipercaya di mata HRD.

Ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Tak jarang, ketika wawancara kerja kamu di tes langsung terkait kemampuan tersebut.

3. Tidak Grogi

Terakhir, yang kamu harus perhatikan ketika menghadapi HRD adalah jangan grogi. Sebab, grogi menandakan bahwa kamu tidak percaya diri. Untuk itu, ketika menghadapai HRD, usahakan untuk tetap santai dan tenang.

Dengan demikian kemungkinan besar diterima di perusahaan tersebut akan semakin besar.
Coba kamu lakkan ketiga tips yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Semoga wawancara kerjanya berhasil!

Komentar