Setelah Lulus Enaknya Kerja, Atau Membuka Usaha?


Pusat Promosi Indonesia - Apakah kamu seorang mahasiswa yang sudah merayakan euforia dan kini berubah status menjadi fresh graduate? Hmmm. Menjadi mahasiswa fresh graduate kadang-kadang bikin bingung.

Apalagi yang orang tuanya pengen anaknya abis lulus terus kerja di perusahaan ternama. Dengan gaji yang gede setiap bulan. Padahal kan, kalau mau gaji gede harus punya pengalaman kerja dulu. Jadi, gaji UMR S1 kadang nggak cukup kalau dibuat ini itu.

Kalau ditelisik lagi, mencari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan buat fresh graduate nggak banyak. Soalnya kalau dibaca-baca syaratnya banyakan harus punya pengalaman sebelumnya. Pengalaman kerja dua tahun di company mana, misalnya.

Tapi kalau kitanya nggak ada pengalaman kan ribet juga kan? Selanjutnya, kerja di perusahaan tuh bikin bosen dan tertekan. Harus pake seragam rapi buat berangkat kerja. Harus berangkat pagi. Telat dikit bisa-bisa karier nggak naik-naik. Pusing deh pokoknya.

Akhirnya beberapa dari fresh graduate malah nurutin hobi aja. Yang penting bahagia dan senang hati menjalaninya. Yang penting nggak tertekan, bebas jam kerja serta punya peluang bayaran gaji per bulannya bisa lebih gedhe ketimbang kerja kantoran di perusahaan.

Ada yang milih freelance, ada yang milih jadi pengusaha, bahkan ada yang sengaja membuka usaha jasa. Well, di zaman digital kayak gini membuka usaha jasa memang punya peluang tinggi sih. Gajinya pun bisa lebih gedhe.

Misalnya saja nih ya. Kalau sejak kuliah punya hobi nulis, bisa banget membuka usaha jasa menulis artikel. Kalau pas kuliah suka otak atik website, bisa banget pas lulus kuliah membuka usaha jasa berupa jasa SEO, misalnya. Jasa lain yang menguntungkan masih banyak. Semisal jasa foto wedding, jasa admin. sosial media, jasa penerjemah jurnal. Daaan masih banyak lagi pokoknya. Nggak cukup kalau disebutin satu-satu.

Memang kayak gini butuh usaha lebih untuk memulainya. Apalagi harus sambil ngertiin orang tua. Bahwa kerja di zaman digital tuh kalau freelance peluang penghasilannya bisa lebih gedhe kalau ditekuni. Jadi nggak perlu jadi pekerja kantoran. Yang udahlah bikin pusing, jadi tertekan pula.

Intinya sih, nggak usah galau kalau jadi fresh graduate lalu ngelamar kerja tapi nggak dipanggil-panggil untuk sesi wawancara. Sebab mau kerja apapun yang penting maksimal. Dan satu lagi. Bukan gaji sejatinya yang diburu. Namun kebermanfaatan.

Komentar